Pengaruh persepsi perilaku konsumen Islam, kemudahan, dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Main Author: Setiyawati, Diyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15211/1/1505026105_Diyah%20Setiyawati_Full%20Skripsi%20-%20Diyah%20Setiyawati.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15211/
ctrlnum 15211
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15211/</relation><title>Pengaruh persepsi perilaku konsumen Islam, kemudahan, dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO : studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang</title><creator>Setiyawati, Diyah</creator><subject>332.4 Uang</subject><subject>658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)</subject><description>Uang elektronik atau e-money merupakan alat pembayaran non tunai sebagai sarana dalam suatu kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan teknologi mendorong adanya pergerakan lebih cepat dan efisien. Munculnya uang elektronik mempengaruhi sikap perilaku konsumen. Sebagai mahasiswa yang hidup di lingkungan kampus UIN Walisongo, kegiatan konsumsi setiap individu dibatasi oleh kebutuhan dan keinginan. Seorang muslim harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, karena Allah SWT melarang sesuatu yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh perilaku konsumen islam, persepsi kemudahan, dan persepsi kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik (aplikasi OVO). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UIN Walisongo yang menggunakan uang elektronik OVO dengan sampel sebanyak 100 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 21.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel perilaku konsumen islam tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan nilai thitung 0,224 lebih kecil dari ttabel 1,986 (0,224 &lt; 1,986) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,823 lebih besar daripada 0,05 (0,823 &gt; 0,05). Variabel persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan thitung 3,362 &gt; 1,986 dan p-value 0,001 &lt; (&#x3B1;) 0,05. Variabel persepsi kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan thitung 5,650 &gt; 1,986 dan p-value 0,000 &lt; (&#x3B1;) 0,05.</description><date>2020-03-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15211/1/1505026105_Diyah%20Setiyawati_Full%20Skripsi%20-%20Diyah%20Setiyawati.pdf</identifier><identifier> Setiyawati, Diyah (2020) Pengaruh persepsi perilaku konsumen Islam, kemudahan, dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO : studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>15211</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Setiyawati, Diyah
title Pengaruh persepsi perilaku konsumen Islam, kemudahan, dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO : studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang
title_sub studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang
publishDate 2020
isbn 9781505026108
topic 332.4 Uang
658.8 Marketing management (pemasaran
distribusi)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15211/1/1505026105_Diyah%20Setiyawati_Full%20Skripsi%20-%20Diyah%20Setiyawati.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15211/
contents Uang elektronik atau e-money merupakan alat pembayaran non tunai sebagai sarana dalam suatu kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan teknologi mendorong adanya pergerakan lebih cepat dan efisien. Munculnya uang elektronik mempengaruhi sikap perilaku konsumen. Sebagai mahasiswa yang hidup di lingkungan kampus UIN Walisongo, kegiatan konsumsi setiap individu dibatasi oleh kebutuhan dan keinginan. Seorang muslim harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, karena Allah SWT melarang sesuatu yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh perilaku konsumen islam, persepsi kemudahan, dan persepsi kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik (aplikasi OVO). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UIN Walisongo yang menggunakan uang elektronik OVO dengan sampel sebanyak 100 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 21.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel perilaku konsumen islam tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan nilai thitung 0,224 lebih kecil dari ttabel 1,986 (0,224 < 1,986) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,823 lebih besar daripada 0,05 (0,823 > 0,05). Variabel persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan thitung 3,362 > 1,986 dan p-value 0,001 < (α) 0,05. Variabel persepsi kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan thitung 5,650 > 1,986 dan p-value 0,000 < (α) 0,05.
id IOS2754.15211
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-03-02T06:40:09Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:33Z
recordtype dc
_version_ 1765821666322022400
score 17.13294