Pengaruh persepsi perilaku konsumen Islam, kemudahan, dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang
Main Author: | Setiyawati, Diyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15211/1/1505026105_Diyah%20Setiyawati_Full%20Skripsi%20-%20Diyah%20Setiyawati.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15211/ |
ctrlnum |
15211 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15211/</relation><title>Pengaruh persepsi perilaku konsumen Islam, kemudahan, dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO : studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang</title><creator>Setiyawati, Diyah</creator><subject>332.4 Uang</subject><subject>658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)</subject><description>Uang elektronik atau e-money merupakan alat pembayaran non tunai sebagai sarana dalam suatu kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan teknologi mendorong adanya pergerakan lebih cepat dan efisien. Munculnya uang elektronik mempengaruhi sikap perilaku konsumen. Sebagai mahasiswa yang hidup di lingkungan kampus UIN Walisongo, kegiatan konsumsi setiap individu dibatasi oleh kebutuhan dan keinginan. Seorang muslim harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, karena Allah SWT melarang sesuatu yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh perilaku konsumen islam, persepsi kemudahan, dan persepsi kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik (aplikasi OVO). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UIN Walisongo yang menggunakan uang elektronik OVO dengan sampel sebanyak 100 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 21.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel perilaku konsumen islam tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan nilai thitung 0,224 lebih kecil dari ttabel 1,986 (0,224 < 1,986) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,823 lebih besar daripada 0,05 (0,823 > 0,05). Variabel persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan thitung 3,362 > 1,986 dan p-value 0,001 < (α) 0,05. Variabel persepsi kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan thitung 5,650 > 1,986 dan p-value 0,000 < (α) 0,05.</description><date>2020-03-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15211/1/1505026105_Diyah%20Setiyawati_Full%20Skripsi%20-%20Diyah%20Setiyawati.pdf</identifier><identifier> Setiyawati, Diyah (2020) Pengaruh persepsi perilaku konsumen Islam, kemudahan, dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO : studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>15211</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Setiyawati, Diyah |
title |
Pengaruh persepsi perilaku konsumen Islam, kemudahan, dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO : studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang |
title_sub |
studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang |
publishDate |
2020 |
isbn |
9781505026108 |
topic |
332.4 Uang 658.8 Marketing management (pemasaran distribusi) |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15211/1/1505026105_Diyah%20Setiyawati_Full%20Skripsi%20-%20Diyah%20Setiyawati.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15211/ |
contents |
Uang elektronik atau e-money merupakan alat pembayaran non tunai sebagai sarana dalam suatu kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan teknologi mendorong adanya pergerakan lebih cepat dan efisien. Munculnya uang elektronik mempengaruhi sikap perilaku konsumen. Sebagai mahasiswa yang hidup di lingkungan kampus UIN Walisongo, kegiatan konsumsi setiap individu dibatasi oleh kebutuhan dan keinginan. Seorang muslim harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, karena Allah SWT melarang sesuatu yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh perilaku konsumen islam, persepsi kemudahan, dan persepsi kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik (aplikasi OVO). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UIN Walisongo yang menggunakan uang elektronik OVO dengan sampel sebanyak 100 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 21.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel perilaku konsumen islam tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan nilai thitung 0,224 lebih kecil dari ttabel 1,986 (0,224 < 1,986) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,823 lebih besar daripada 0,05 (0,823 > 0,05). Variabel persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan thitung 3,362 > 1,986 dan p-value 0,001 < (α) 0,05. Variabel persepsi kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan thitung 5,650 > 1,986 dan p-value 0,000 < (α) 0,05. |
id |
IOS2754.15211 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2022-03-02T06:40:09Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:36:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821666322022400 |
score |
17.13294 |