Pengaruh variasi produk dan lokasi terhadap volume penjualan: studi kasus pada bandeng presto UD Rahma Bu Sufa’ati Dukutalit

Main Author: Khoiriyah, Enik
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15200/1/1505026092_ENIK%20KHOIRIYAH_Full%20Skripsi%20-%20Enik%20Khoiriyah%281%29.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15200/
Daftar Isi:
  • Negara Indonesia adalah negara yang terkenal dengan hasil kekayaan alam yang sangat melimpah, salah satunya adalah dibidang perikanan. Dikecamatan juwana mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani tambak bandeng. Cita rasanya yang gurih membuat masyarakat banyak yang menyukainya, akan tetapi durinya mengganggu kenikmatan saat memakannya. Hal ini bisa diatasi dengan cara mengolahnya menjadi beberapa macam seperti bandeng presto, otak-otak bandeng, bakso bandeng, nugget bandeng dan lain-lain.Akan tetapi bahwa banyaknya produk yang ada ditoko tidak berpengaruh terhadap volume penjualan. Sedangkan toko Bandeng Presto UD RAHMA Bu Sufa’ati yang berlokasi di tempat yang sedikit tersembunyi berada didalam gang kecil sekitar 100 meter membuat pelanggan yang membawa mobil kesulitan mengakses jalan tersebut. Selain itu, persaingan yang begitu ketat dengan perusahaan sejenis membuat pelanggan berpindah. Sehingga toko Bandeng Presto UD RAHMA Bu Sufa’ati mengalami penurunan permintaan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, sumber datanya menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari penyebaran kuesioner pada pelanggan toko Bandeng Presto UD RAHMA Bu Sufa’ati Dukutalit. Populasi penelitian ini adalah pelanggan toko Bandeng Presto UD RAHMA Bu Sufa’ati Dukutalitdan sampel yang digunakan adalah non probability sampling sebesar 100 responden. Kuesioner diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program IBM SPSS 24 for windows. Hasil penelitian dengan teknik regresi linier berganda menunjukkan variabel variasi produk (X1) memiliki nilai t hitung sebesar 0,640 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,520 > 0,05. Hal ini berarti variabel variasi produk (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan (Y). Sedangkan variabel lokasi (X2) memiliki nilai t hitung sebesar 4,354 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti variabel lokasi (X2) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan (Y).