Analisis strategi bauran pemasaran usaha budidaya ikan lele perspektif ekonomi Islam: studi kasus di Desa Watuagung Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang

Main Author: Solikin, Moh Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15164/1/1505026053_Moh.%20Nur%20Solikin_Full%20Skripsi%20-%20Solikin%20Mamat.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15164/
Daftar Isi:
  • Keberhasilan seorang pengusaha dalam memajukan sebuah usaha bisa dicapai bila pengusaha tersebut memiliki pandangan luar yang luas dan selalu mengamati keadaan lingkungan yang tidak menentu serta bisa menyesuaikan pemasarannya dalam sebuah usaha bardasarkan peluang yang dimiliki. Bisnis atau suatu usaha dan pemasaran sangat berkaitan, suatu bisnis tentunya membutuhkan sistem pemasaran guna meningkatkan keuntungan bisnis dan memperoleh hasil yang diinginkan. Dalam pemasaran terdapat pula istilah pangsa pasar, yang merupakan bagian dari pemasaran itu sendiri. Pangsa pasar ialah proses penempatan konsumen dalam kelompok-kelompok yang memiliki tanggapan sama terhadap sebuah program pemasaran. Dalam ajaran islam berdagang tidak hanya mencari keuntungan belaka akan tetapi juga berhubungan dengan nilai moral, sehingga kita tidak diperbolehkan keuntungan sebesar-besarnya tanpa peduli dengan keadaan pembeli. Penelitian ini juga memiliki keunikan tersendiri dimana meskipun dalam menjual hasil panen ikan lele Bapak Giono lebih mahal dari penjual yang lain, namun ikan lele Bapak Giono masih banyak peinatnya. Penelitian ini memfokuskan pada satu permaslahan yaitu: Bagaimana strategi Bauran Pemasaran usaha Budidaya ikan lele dalam perspektif ekonomi islam? penlitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Metode deskriptif ialah penelitian yang menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta dan informasi yang ada kemudian dianalisis lalu di tarik kesimpulan. Data primer didapatkan dengan cara langsung dari subjek penelitian, yaitu data didapatkan melalui wawancara dengan pemilik budidaya ikan lele di Desa Watagung dan para karyawannya. Data sekunder diperoleh dari pembukuan, foto dan jurnal. Hasil dari penelitian ini strategi pemasaran yang digunakan oleh Bapak Giono dalam membudidaya ikan lele menggunakan strategi Bauran Pemasaran, diantaranya: 1. Produk, 2. Harga, 3. Promosi dan 4. Tempat atau lokasi