Analisis faktor-faktor determinan kepuasan siswa pada layanan sirkulasi di Perpustakaan MTs Negeri 2 Kota Semarang
Main Author: | Nuraini, Marliya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15154/1/SKRIPSI_1503036012_Marliya%20Nuraini.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15154/ |
Daftar Isi:
- Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah kunjungan ke perpustakaan MTs Negeri 2 Kota Semarang setiap tahunnya. Pengaruh dari kinerja petugas, kualitas informasi, dan fasilitas perpustakaan. penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apakah faktor kemampuan petugas memengaruhi kepuasan siswa? (2) Apakah faktor kualitas informasi memengaruhi kepuasan siswa? (3) Apakah faktor fasilitas perpustakaan memengaruhi kepuasan siswa? (4) Apakah faktor kemampuan petugas, kualitas informasi dan fasilitas perpustakaan memengaruhi secara bersama-sama terhadap kepuasan siswa?. Jenis penelitian ini kuantitatif asosiatif dengan hubungan kausal atau sebab akibat. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Responden penelitian ini adalah 247 siswa kelas 7 MTs Negeri 2 Kota Semarang. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan Isaac dan Michael. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi, analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja petugas perpustakaan terhadap kepuasan siswa sebesar 26,2% dan sisanya 73,8%, selanjutnya terdapat pengaruh yang signfikam antara kualitas informasi terhadap kepuasan siswa sebesar 40,9% dan sisanya sebesar 59,1 % dan pengaruh signifikan antara fasilitas perpustakaan terhadap kepuasan siswa sebesar 43,4% dan sisanya sebesar 56,5% dipengaruhi faktor lain. Pengaruh signifikan dari sumbangan efektif kinerja petugas perpustakaan, kualitas informasi dan fasilitas perpustakaan terhadap kepuasan siswa sebesar 47,4% dan sisanya sebesar 52,6% sisanya dipengaruhi faktor lain.