Studi komparasi penggunaan model pembelajaran tipe make a match dan model pembelajaran tipe example non example dengan kombinasi penggunaan alat peraga paru-paru sederhana terhadap hasil belajar siswa materi sistem ekskresi manusia kelas IX di MTs Muhammadiyah Wanasari Brebes

Main Author: Akrimah, Ayu Diana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15147/1/133811058_AYU%20DIANA%20AKRIMAH_FULL%20SKRIPSI%20-%20ayu%20diana%20akrimah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15147/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berkaitan dengan proses pembelajaran yaitu penggunaan model pembelajaran yang dapat menciptakan kondisi siswa lebih aktif dan meningkatkan hasil belajar siswa sendiri. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan menganalisis hasil belajar dan perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Make a match dan Example non example dengan kombinasi penggunaan alat peraga paru-paru sederhana pada materi sistem ekskresi manusia kelas IX di MTs Muhammadiyah Wanasari Brebes. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subyek penelitian sebanyak 34 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas IX A dan IX B. Metode pengambilan data yaitu dengan observasi, wawancara, tes serta dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji validitas dengan menggunakan korelasi poin biseral, uji reliabilitas dengan rumus r11, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make a match mengalami peningkatan sebesar 10,12 dengan nilai rata-rata 78,41. Dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Example non example mengalami peningkatan 7,71 dengan nilai rata-rata 71,94. Pada analisis perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,037 yang menunjukkan kriteria nilai signifikansi hitung < 0,05 (5%), maka H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan.