Analisis penerapan strategi marketing syariah dalam pemasaran produk di Hotel Grasia Semarang
Main Author: | Seventika, Erni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15139/1/132411019_Erni%20seventika_Full%20Skripsi%20-%20erni%20seventika.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15139/ |
Daftar Isi:
- Pada umunya, hotel syariah sama saja dengan hotel konvensional, namun terdapat perbedaan diantara keduanya, perpedaan tersebut meliputi dari prinsip-prinsip yang sesuai kaidah Islam, produk yang halal, sumberdaya manusia yang memadai meliputi pelayanan maupun manajemen pengelolaan. Hotel syariah menjadi penunjang pariwisata di Indonesia yang tidak hanya berorientasi pada komersial tetapi juga selalu menjunjung tinggi syariat agama. Dalam operasional marketing syariah memiliki pedoman yang perlu diperhatikan. Jujur pada konsumen dan orang lain adalah salah satu yang diajarkan dalam pemasaran syariah. Hotel Grasia memiliki perbedaan dengan hotel-hotel lain. Perbedaan itu yaitu, penerapan sistem manajemen Islami. Sebagai contoh, semua karyawan hotel diberikan kegiatan rutin di setiap hari sabtu yakni sebuah siraman rohani atau pengajian. Serta dalam sistem pengajiannya, setiap karyawan telah langsung dipotong untuk zakat dan shodaqoh yang dialokasikan kepada yang berhak menerima dan manajemen selalu transparan dalam memberikan penjelasan. Sebagai perusahaan jasa, Hotel Grasia menyesuaikan prinsip pemasaran agar sesuai dengan kaidah syariat agama Islam. Dalam hal pelayanan, Hotel Grasia memberikan pelayanan yang optimal, handal dan terpercaya kepada stake holder dan lingkungan. Rumusan masalah sekaligus batasan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi marketing syariah dalam pemasaran produk di Hotel Grasia Semarang ?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data primer terkait praktik strategi pemasaran dari pengelola Hotel Grasia Semarang dan sumber data sekunder berupa buku-buku yang berhubungan dengan strategi pemasaran. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa marketing yang dilakukan Hotel Grasia Semarang secara garis besar telah sesuai dengan teori marketing syariah. Dan di aplikasikan dalam bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari tujuh unsur yaitu, produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusi, proses dan bukti fisik.