Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah BMT Fajar Mulia Cabang Gunungpati
Daftar Isi:
- Terdapat berbagai banyak lembaga keuangan syari’ah baik makro maupun mikro akan tetapi pelayanan yang berskala kualitas merupakan hal yang penting bagi semua lembaga keuangan syari’ah yang tujuannya untuk memberikan kenyamanan bagi nasabah agar dapat bertahan dan membeli ulang produk yang disediakan. Hal tersebut timbul permasalahan yang membuat penulis tertarik untuk mengidentifikasi bagaimana teknik BMT Fajat Mulia cabang Gunungpati dalam meningkatkan kualitas pelayanan nasabah. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan sumber data melalui populasi/sampel dengan menggunakan teknik pengumpulan data secara koesioner yaitu menyebar angket pertanyaan yang berhubungan dari kedua variabel pada responden, wawancara/interveuw, observasi langsung, serta melalui dokumentasibertujuan untuk menelusuri data historis yang terdapat di BMT Fajar Mulia Cabang Gunungpati. Dari hasil penelitian tersebut penulis menemukan bahwa pelayanan yang dilakukan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan nasabah, pelayanan jemput bola yang bertujuan untuk meringankan beban nasabah atas waktu dan tenaga dan hal yang penting yaitu agar nasabah tidak merasa jenuh apabila harus menunggu antrian dari semua nasabah yang akan bertransaksi di BMT Fajar Mulia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan BMT Fajar Mulia maka semakin tinggi pula minat nasabah untuk menikmati produk yang diberikan bahkan akan timbul rasa keloyalan nasabah untuk membeli ulang produk yang disediakan BMT Fajar Mulia Cabang Gunungpati.