Daftar Isi:
  • Penelitian yang penulis teliti dalam tesis ini, “Pesan Dakwah dalam Talkshow Mario Teguh Golden Ways di Metro Tv”. Setidaknya mempunyai tujuan utama yakni, untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang pesan-pesan dakwah yang terdapat dalam talkshow Mario Teguh Golden Ways (MTGW) di Metro Tv. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Dalam penelitiannya penulis menganalisis terhadap data-data yang ada, selanjutnya didiskripsikan dengan kalimat dan disimpulkan berupa laporan data. Peneliti menggunakan tehnik analisis semiotika model Roland Barthes dengan menggunakan model dua tahap signifikasi, yaitu tahap denotatif dan tahap konotatif. Data yang digunakan berupa segmen-sesion (jalannya acara) dalam 5 (lima) episode yang menggambarkan jalannya acara talkshow Mario Teguh Golden Ways (MTGW) di Metro Tv yang memiliki representatif pesan-pesan dakwah, baik dari tanda-tanda yang tampak (manifest content) dan yang tidak tampak atau tersembunyi (latent content). Data penelitian ini dihimpun melalui dokumen berupa rekaman video dalam format file video, yang diunduh dari situs internet, yaitu di situs www.youtube.com dan www. Salam super.com. Peneliti mengambil 5 episode sebagai sampelnya, yaitu: episode becoming a star, episode lalu perhatikan apa yang terjadi, episode from Batam with love, episode memperbaiki rizki, dan episode bisniss from the start. Penelitian ini menunjukkan bahwa, isi pesan dari tayangan talkshow Mario Teguh Golden Ways (MTGW) terdapat pesan-pesan dakwah Islam. Faktanya secara deskriptif terdapat tanda/simbol (audio visual), baik dari tanda-tanda yang tampak (manifest content) dan yang tidak tampak atau tersembunyi (latent content) ditemukan pesan-pesan dakwah yang penggunaan rujukan dasarnya dari ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadist. Pesan tersebut antara lain; pesan dakwah tentang keimanan kepada Allah Swt. (tauhid), pesan tentang motivasi dan etos kerja Islam, dan pesan tentang penciptaan suasana damai (perdamaian).