Pengaruh komitmen agama, kepercayaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah di perbankan syariah studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang pengguna mobile banking BSI mobile

Main Author: Fitriana, Ardhea Regita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14860/1/Skripsi_1705036133_Ardhea_Regita_Fitriana.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14860/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh komitmen agama, kepercayaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sementara itu, data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder dengan metode pengumpulannya menggunakan metode kuesioner (angket) dengan menggunakan skala pengukuran likert. Pada penelitian ini Sampel yang diteliti sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling. Dalam penulisan penelitian ini digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil dari analisis penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa komitmen agama (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dilihat dari uji t dengan signifikansi 0,002 < 0,05, dengan nilai t hitung sebesar 3,261. Variabel kepercayaan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dilihat dari uji t dengan signifikansi 0,028 < 0,05, sedangkan nilai t hitung yaitu sebesar 2,229. Dan . Variabel kualitas layanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dilihat dari uji t dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan nilai t hitung yaitu sebesar 3,928. Dan secara bersama-sama menunjukkan bahwa komitmen agama, kepercayaan dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. ABSTRACT: The purpose of this study was to examine the effect of religious commitment, belief and service quality on customer satisfaction. The type used in this research is quantitative research. Meanwhile, the data used in this study are primary and secondary data with the method of collecting it using a questionnaire (questionnaire) using a Likert measurement scale. In this study, the sample studied was 100 respondents. The sampling technique was carried out using a non-probability sampling method. In analyzing the author uses multiple linear regression analysis using the SPSS version 22 program. The results of the research analysis obtained indicate that religious commitment (X1) has a positive and significant effect on customer satisfaction as seen from the t-test with a significance of 0.002 <0.05, with a t-count value of 3.261. The trust variable (X2) has a positive and significant effect on customer satisfaction as seen from the t-test with a significance of 0.028 <0.05, while the t-count value is 2.229. and . The service quality variable (X3) has a positive and significant effect on customer satisfaction as seen from the t-test with a significance of 0.000 <0.05, while the t-count value is 3.928. And together, it shows that religious commitment, belief and service quality have a positive and significant effect on customer satisfaction.