Youtube sebagai media dakwah: studi terhadap channel Ki Joko Goro-Goro Official

Main Author: Rahmatussalam, Masulthonli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14732/1/1701026009_Masulthonli%20Rahmatussalam_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Sulthon%20Official.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14732/
Daftar Isi:
  • Upaya dai dalam mengembangkan dakwah harus disertai media yang dipakainya, seperti Ki Joko Goro-Goro memanfaatkan youtube sebagai media untuk berdakwah, salah satu media yang dikelolanya adalah Youtube Channel Ki Joko Goro-Goro Official. Dakwah di media sosial melalui youtube termasuk fenomena baru dikalangan dai. Interaksi dikolom komentar membentuk realitas baru dan nilai-nilai budaya media siber. Berdakwah di media konvensional dengan berdakwah dengan menggunakan media internet sangatlah berbeda. Ketika Ki joko goro-goro dakwah menggunakan media konvensional yang terjadi hanya bersifat satu arah, dan mad’unya hanya sebagai konsumen. Berbeda ketika Ki joko goro-goro berdakwah menggunakan media internet, seperti di channel Ki joko goro-goro official, dimana mad’u tidak hanya sebagai konsumen akan tetapi juga sebagai produsen dan bisa berinteraksi dengan mad’u lainnya. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan etnografi virtual. Etnografi virtual adalah metode etnografi yang dilakukan untuk melihat fenomena sosial ataupun kultur yang berada di media siber. Metode etnografi merupakan metode utama dan penting dilakukan karena untuk melihat fenomena budaya siber yang berada di internet Penelitian ini dikaji menggunakan empat level, yaitu ruang media, dokumen media, obyek media dan pengalaman media. Dalam ruang media, channel ki joko goro-goro official membuka privasi kanal youtubenya untuk publik. Keterbukaan inilah interaksi di media siber akan terjadi. Dalam dokumen media channel ki joko goro-goro official menyajikan dakwah yang dikemas dalam video dan disertai caption. Adapun obyek media menunjukkan adanya interaksi antar sesama pungunjung dikolom komentar channel ki joko goro-goro official. Sedangkan pengalaman media menunjukkan motif yang melandasi pemanfaatan dan pempublikasian video dakwah