Pengaruh pengukuran skala Pakistan Service Quality (PakServ) dan pemberian reward/hadiah terhadap kepuasan mahasiswa dalam menabung di bank syariah dengan prinsip amanah bank sebagai variabel moderasi studi kasus pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang

Main Author: Islahiyyah, Nafkhotul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14717/1/Skripsi_1705036112_Nafkhotul_Islahiyyah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14717/
Daftar Isi:
  • Kualitas pelayanan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, sebagai salah satu lembaga kepercayaan masayarakat yaitu perbankan harus mampu memberikan pelayan yang berkualitas untuk memberi kepuasan bagi nasabah sehingga nasabah tetap bertahan menggunakan jasa perbankan Syariah serta loyalitas terhadap bank syariah. Salah satu upaya yaitu dengan adanya pengukuran skala PAKSERV dan pemberian reward/hadiah kepada nasabah. Kualitas pelayanan hanya bisa menjadi alat untuk mengawal persaingan jika diukur dengan menggunakan alat yang tepat. Pada penelitian ini menggunakan skala PAKSERV untuk mengukur kualitas layanan, antara lain : keandalan (reliability), jaminan (assurance), ketulusan (sincerity), berwujud (tangibles), personalisasi, formalitas (formality). Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh pengukuran skala PAKSERV, pemberian reward/hadiah terhadap kepuasan mahasiswa dalam menabung di bank Syariah dengan prinsip amanah sebagai variabel moderasi. Objek penelitian ini adalah mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuesioner. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model regresi linier berganda dengan program SPSS versi 16. Metode sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Jumlah responden yang di jadikan sampel yaitu sebanyak 96 sampel responden mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang yang menggunakan jasa perbankan Syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel skala PAKSERV dan variabel pemberian reward/hadiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dalam menabung. Dan variabel prinsip amanah bank tidak dapat memoderasi variabel PAKSERV kualitas layanan dan pemberian reward/hadiah terhadap kepuasan mahasiswa dalam menabung di bank Syariah.