Daftar Isi:
  • Bank syariah dalam satu dasawarsa ini mengalami perkembangan yang signifikan. Apabila perbankan syariah menghendaki kehidupan usaha berlangsung dalam jangka panjang (survive) dan ingin menumbuhkan citra dan kepercayaan, maka harus mampu memberi jawaban pada kebutuhan (ekspektasi) masyarakat serta harus mampu memberikan pengembalian yang tak ternilai bukan hanya prioritas terhadap tanggung jawab menciptakan keuntungan yang sebesar - besarnya, melainkan mampu mengaplikasikan tanggung jawab dalam arti luas yaitu konsep Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR terhadap citra bank syariah, pengaruh CSR terhadap kepercayaan pada bank syariah, dan pengaruh citra bank syariah terhadap kepercayaan pada bank syariah. Objek penelitian ini di BNI syariah cabang Semarang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) atau Model Persamaan Struktural dengan program AMOS 4. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BNI Syariah cabang Semarang. Sedangkan penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu teknik penarikan sampel convenience (accidental sampling). Besarnya sampel yang digunakan 100, hal ini tentunya sesuai dengan besarnya ukuran sampel dalam alat analisis data menggunakan SEM dengan model estimasi menggunakan Maksimum Likelihood (ML) minimum yaitu diperlukan 100 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa measurement model yang dibangun secara statistik dapat didukung dan sesuai dengan model fit yang ditetapkan karena semua variabel yang digunakan untuk membuat sebuah model penelitian, telah memenuhi kriteria goodness of fit yang telah direkomendasikan. Uji hipotesis ditunjukkan dengan melihat nilai regression weight, nilai yang tertera dalam kolom CR harus dibandingkan dengan nilai kritis yaitu 1,96 pada tingkat signifikansi 5% . Hasil regression weight dapat disimpulkan bahwa CSR berpengaruh signifikan terhadap citra bank syariah karena p < 0.05 dengan nilai CR 6.563, CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pada bank syariah karena p > 0.05 dengan nilai CR 0.005, dan citra bank syariah berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pada bank syariah karena p < 0.05 dengan nilai CR 3.067.