Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) pada materi ikatan kimia kelas X MA Miftahul Huda Tayu

Main Author: Sa’diyah, Chamidatus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14537/1/Skripsi_1708076049_Chamidatus%20Sa%27diyah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14537/
ctrlnum 14537
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14537/</relation><title>Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) pada materi ikatan kimia kelas X MA Miftahul Huda Tayu</title><creator>Sa&#x2019;diyah, Chamidatus</creator><subject>507 Education, research, related topics</subject><subject>540 Chemistry and allied sciences</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasisi problem based learning yang mampu mempermudah peserta didik dalam memahami konsep kimia khususnya materi ikatan kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&amp;D) dengan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Pada tahap Disseminate tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu bagi peneliti. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Miftahul Huda Tayu.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem based learning ini cukup valid digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi dari ahli media diperoleh rata-rata sebesar 0,79 dengan tingkat validitas tinggi, sedangkan validasi ahli materi diperoleh rata-rata 0,89 dengan tingkat validitas sangat tinggi. Hasil tanggapan/respon dari guru kimia termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 82,5%. Sedangkan hasil angket tanggapan peserta didik menunjukkan persentase rata-rata sebesar 78,27% pada tiap aspek yang termasuk dalam kategori baik.</description><date>2021-09-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14537/1/Skripsi_1708076049_Chamidatus%20Sa%27diyah.pdf</identifier><identifier> Sa&#x2019;diyah, Chamidatus (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) pada materi ikatan kimia kelas X MA Miftahul Huda Tayu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>14537</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sa’diyah, Chamidatus
title Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) pada materi ikatan kimia kelas X MA Miftahul Huda Tayu
publishDate 2021
isbn 9781708076047
topic 507 Education
research
related topics
540 Chemistry and allied sciences
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14537/1/Skripsi_1708076049_Chamidatus%20Sa%27diyah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14537/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasisi problem based learning yang mampu mempermudah peserta didik dalam memahami konsep kimia khususnya materi ikatan kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Pada tahap Disseminate tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu bagi peneliti. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Miftahul Huda Tayu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem based learning ini cukup valid digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi dari ahli media diperoleh rata-rata sebesar 0,79 dengan tingkat validitas tinggi, sedangkan validasi ahli materi diperoleh rata-rata 0,89 dengan tingkat validitas sangat tinggi. Hasil tanggapan/respon dari guru kimia termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 82,5%. Sedangkan hasil angket tanggapan peserta didik menunjukkan persentase rata-rata sebesar 78,27% pada tiap aspek yang termasuk dalam kategori baik.
id IOS2754.14537
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-03-02T06:39:59Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:25Z
recordtype dc
_version_ 1765821663281152000
score 17.13294