Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) pada materi ikatan kimia kelas X MA Miftahul Huda Tayu
Main Author: | Sa’diyah, Chamidatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14537/1/Skripsi_1708076049_Chamidatus%20Sa%27diyah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14537/ |
ctrlnum |
14537 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14537/</relation><title>Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) pada materi ikatan kimia kelas X MA Miftahul Huda Tayu</title><creator>Sa’diyah, Chamidatus</creator><subject>507 Education, research, related topics</subject><subject>540 Chemistry and allied sciences</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasisi problem based learning yang mampu mempermudah peserta didik dalam memahami konsep kimia khususnya materi ikatan kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Pada tahap Disseminate tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu bagi peneliti. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Miftahul Huda Tayu.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem based learning ini cukup valid digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi dari ahli media diperoleh rata-rata sebesar 0,79 dengan tingkat validitas tinggi, sedangkan validasi ahli materi diperoleh rata-rata 0,89 dengan tingkat validitas sangat tinggi. Hasil tanggapan/respon dari guru kimia termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 82,5%. Sedangkan hasil angket tanggapan peserta didik menunjukkan persentase rata-rata sebesar 78,27% pada tiap aspek yang termasuk dalam kategori baik.</description><date>2021-09-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14537/1/Skripsi_1708076049_Chamidatus%20Sa%27diyah.pdf</identifier><identifier> Sa’diyah, Chamidatus (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) pada materi ikatan kimia kelas X MA Miftahul Huda Tayu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>14537</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sa’diyah, Chamidatus |
title |
Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) pada materi ikatan kimia kelas X MA Miftahul Huda Tayu |
publishDate |
2021 |
isbn |
9781708076047 |
topic |
507 Education research related topics 540 Chemistry and allied sciences |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14537/1/Skripsi_1708076049_Chamidatus%20Sa%27diyah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14537/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasisi problem based learning yang mampu mempermudah peserta didik dalam memahami konsep kimia khususnya materi ikatan kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Pada tahap Disseminate tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu bagi peneliti. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Miftahul Huda Tayu.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem based learning ini cukup valid digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi dari ahli media diperoleh rata-rata sebesar 0,79 dengan tingkat validitas tinggi, sedangkan validasi ahli materi diperoleh rata-rata 0,89 dengan tingkat validitas sangat tinggi. Hasil tanggapan/respon dari guru kimia termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 82,5%. Sedangkan hasil angket tanggapan peserta didik menunjukkan persentase rata-rata sebesar 78,27% pada tiap aspek yang termasuk dalam kategori baik. |
id |
IOS2754.14537 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2022-03-02T06:39:59Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:36:25Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821663281152000 |
score |
17.13294 |