Penerapan pembelajaran STEM-ESciT berwawasan ESD terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sifat koligatif larutan
Main Author: | Aqilah, Arfiana Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14524/1/Skripsi_1708076046_Arfiana%20Nurul%20Aqilah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14524/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terintegrasi STEM-ESciT berwawasan ESD terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sifat koligatif larutan pada kelas XII MAN 1 Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah true-experimental design dengan jenis eksperimen posttest only control design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII yang berjumlah 72 siswa, dengan sampel dari dua kelas yaitu kelas XII MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XII MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 36 peserta didik. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran terintegrasi STEM-ESciT berwawasan ESD dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran diskusi dan ceramah. Penerapan STEM-ESciT berwawasan ESD pada mata pelajaran sifat koligatif larutan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 77,36 lebih besar daripada kelas kontrol yang memiliki nilai sebesar 67,50. Pada uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,001. Penerapan STEM-ESciT berwawasan ESD pada mata pelajaran sifat koligatif larutan juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, nilai rata-rata total dari tiga pengamat sebesar 77% menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik memiliki kriteria baik. Hal ini juga dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji One sample t-test yang menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,036.