Strategi pemasaran pondok pesantren Roudhotul Quran Kemranjen Banyumas di Era Digital

Main Author: Taqiyah, Fuziya Baratu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14491/1/MPI_1703036046_FuziyaBaratuTaqiyah_FullSkripsi%20-%20Fuziya%20Baratu%281%29.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14491/
Daftar Isi:
  • Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga pendidikan islam yang bermunculan sehingga persaingan semakin ketat dengan menunjukan keunggulannya. Tujuan penelitianini untuk mengetahui permasalahan (1) Bagaimana pemasaran yang dilakukan di era digital, (2) Bagaimana strategi pondok pesantren dalam meningkatkan jumlah santri, (3) Apa hambatan dan pendukung dalam pemasaran di era digital. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui study lapangan yang dilakukan di Pondok Pesantren Roudhotul Quran Kemranjen Banyumas. Adapun perolehan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan bauran pemasaran meliputi produk tahfidz, khitobah, dan pembelajaran kitab kuning, harga yang ditawarkan murah dan tidak membedakan, tempat yang disediakan nyaman dan sesuai dengan harga, promosi melalui brosur dan media sosial. (2) Faktor pendukung dalam pemasaran meliputi adanya produk tahfid, harga yang murah, tempat yang mudah dijangkau, dan promosi melalui media sosial. Hambatan yang dilalui produk output yang kurang setiap tahunnya, harga tidak sesuai dengan fasilitas, tempat ada di beberapa titik masih kotor, dan promosi menggunakan brosur semakin menurun sehingga mengalami kerugian dana.