Pengaruh metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran IPS kelas IV MI Islamiyah Penjalinbanyu Brebes tahun ajaran 202/2021
Main Author: | Nurinayah, Misky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14466/1/1703096081_MISKY%20NURINAYAH_FULL%20SKRIPSI%20-%20Misky%20Nurinayah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14466/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa kelas IV MI Islamiyah Penjalinbanyu Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Quasi Experimen Design tipe Post-test Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa rubrik penilaian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Islamiyah Penjalinbanyu Brebes tahun ajaran 2020/2021. Data dianalisis menggunakan analisis uji statistik uji independent sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa adanya pengaruh metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil thitung = 2,144 dan nilai ttabel = 2, 021. thitung > ttabel dengan α = 5% dengan dk-2 = 21+21-2 = 40. Dengan taraf thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga. metode everyone is a teacher here dapat melatih dan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa