Kegiatan Yasin Tahlil sebagai implementasi pendidikan akhlak pada siswa kelas 3-6 MI Mazra’atul Ulum 02 Paciran Lamongan

Main Author: Wahyudi, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14449/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20-%20ahmad%20wahyudi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14449/
ctrlnum 14449
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14449/</relation><title>Kegiatan Yasin Tahlil sebagai implementasi pendidikan akhlak pada siswa kelas 3-6 MI Mazra&#x2019;atul Ulum 02 Paciran Lamongan</title><creator>Wahyudi, Ahmad</creator><subject>370 Education</subject><description>Pendidikan akhlak sangat penting diajarkan pada anak sejak dini agar tertanam dalam diri anak sikap atau watak yang baik. Dalam pelaksanaannya, pendidikan akhlak tidak hanya diajarkan dalam mata pelajaran, tetapi juga dapat diajarkan melalui program pengembangan diri yang dilakukan di luar jam pelajaran. Seperti halnya yang ada di MI Mazra&#x2019;atul Ulum 02 Paciran Lamongan, memiliki kegiatan Yasin Tahlil. Oleh karena itu, dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu mendeskripsikan kegiatan Yasin Tahlil sebagai implementasi pendidikan akhlak pada siswa kelas 3-6 MI Mazra&#x2019;atul Ulum 02 Paciran Lamongan.&#xD; Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Yasin Tahlil sebagai implementasi pendidikan akhlak pada siswa kelas 3-6 MI Mazra&#x2019;atul Ulum 02 Paciran Lamongan dalam pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan kegiatan Yasin Tahlil pada umumnya, namun terdapat tambahan rangkaian kegiatan yang mendukung tercapainya pendidikan akhlak. Dengan demikian diperoleh bentuk akhlakul karimah seperti sopan dan santun, selalu mengingat Allah, saling tolong menolong, dan disiplin waktu.</description><date>2021-06-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14449/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20-%20ahmad%20wahyudi.pdf</identifier><identifier> Wahyudi, Ahmad (2021) Kegiatan Yasin Tahlil sebagai implementasi pendidikan akhlak pada siswa kelas 3-6 MI Mazra&#x2019;atul Ulum 02 Paciran Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO. </identifier><recordID>14449</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wahyudi, Ahmad
title Kegiatan Yasin Tahlil sebagai implementasi pendidikan akhlak pada siswa kelas 3-6 MI Mazra’atul Ulum 02 Paciran Lamongan
publishDate 2021
topic 370 Education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14449/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20-%20ahmad%20wahyudi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14449/
contents Pendidikan akhlak sangat penting diajarkan pada anak sejak dini agar tertanam dalam diri anak sikap atau watak yang baik. Dalam pelaksanaannya, pendidikan akhlak tidak hanya diajarkan dalam mata pelajaran, tetapi juga dapat diajarkan melalui program pengembangan diri yang dilakukan di luar jam pelajaran. Seperti halnya yang ada di MI Mazra’atul Ulum 02 Paciran Lamongan, memiliki kegiatan Yasin Tahlil. Oleh karena itu, dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu mendeskripsikan kegiatan Yasin Tahlil sebagai implementasi pendidikan akhlak pada siswa kelas 3-6 MI Mazra’atul Ulum 02 Paciran Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Yasin Tahlil sebagai implementasi pendidikan akhlak pada siswa kelas 3-6 MI Mazra’atul Ulum 02 Paciran Lamongan dalam pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan kegiatan Yasin Tahlil pada umumnya, namun terdapat tambahan rangkaian kegiatan yang mendukung tercapainya pendidikan akhlak. Dengan demikian diperoleh bentuk akhlakul karimah seperti sopan dan santun, selalu mengingat Allah, saling tolong menolong, dan disiplin waktu.
id IOS2754.14449
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-03-02T06:39:57Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:24Z
recordtype dc
_version_ 1765821662749523968
score 17.13294