Implementasi pengembangan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan senam irama pada kelompok B di Tk Islam Al Madina Sampangan, Semarang tahun 2020

Main Author: Rahmania, Neila Ulfa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14431/1/1503106028_Neila%20Ulfa%20Rahmania_Tugas%20Akhir%20Lengkap%20-%20Ani%20Himmatul.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14431/
Daftar Isi:
  • Kecerdasan kinestetik pada anak usia dini dapat di stimulasi dengan kegiatan yang sederhana dan di sukai oleh anak, stimulasi yang paling baik di berikan pada anak adalah satu diantaranya yaitu melalui senam irama, karena anak-anak sangat suka bergerak apalagi diikuti irama musik dan lagu yang semangat dan riang gembira. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kegiatan senam irama di TK Islam Al Madina Sampangan Semarang tahun 2020? (2) Bagaimana implementasi pengembangan kecerdasan kinestetik anak melalui kegiatan senam irama pada kelompok B di TK Islam Al Madina Sampangan, Semarang tahun 2020? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Model Pembelajaran kegiatan senam irama di TK Islam Al Madina biasa dilakukan 1 minggu sekali pada hari sabtu, sebelum melakukan kegiatan senam anak berbaris kemudian membaca ikrar pagi, asmaul husna, kemudian merentangkan kedua tangan dan melakukan pemanasan bersama-sama. Sarana dan Prasarana yang dipersiapkan untuk kegiatan senam antara lain yaitu, LCD proyektor, laptop, tape sound system, dan beberapa referensi senam yang disiapkan. 2) Perkembangan Kecerdasan Kinestetik Pada Kelompok B melalui kegiatan senam irama di TK Islam Al Madina dinilai baik, hal tersebut dapat dilihat dari segi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan senam dan evaluasi yang dilakukan oleh para pendidik.