Penanaman kedisiplinan dalam membentuk karakter religius anak di Panti Asuhan Tarbiyatul Yatama Sayung Demak

Main Author: Oktaviani, Via
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14428/1/SKRIPSI_1703016146_VIA_OKTAVIANI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14428/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pembentukan karakter religius yang dibutuhkan pada generasi bangsa Indonesia, pembentukan karakter religius tidak terlepas melalui penanaman kedisiplinan. Dengan kata lain, pembinaan kedisiplinan dilakukan dan diberikan secara intensif terhadap anak di panti asuhan. Panti asuhan tersebut merupakan lembaga yayasan sosial yang dapat berperan besar dalam peningkatan karakter anak. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah apa kedisiplinan yang ditanamkan di Panti Asuhan Tarbiyatul Yatama Sayung Demak?, dan Bagaimana strategi penanaman kedisiplinan dalam pembentukan karakter religius anak di Panti Asuhan Tarbiyatul Yatama Sayung Demak?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan. Penelitian dilakukan di Panti Asuhan Tarbiyatul Yatama Sayung Demak. Metode yang digunakan untuk memperoleh data penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kedisiplinan yang ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari anak yang tinggal di panti asuhan yaitu meliputi kedisiplinan ibadah, kedisiplinan belajar, dan kedisiplinan sosial. Nilai inilah yang menjadi pondasi agar mereka dapat berinteraksi secara baik dengan teman-temannya yang berada di dalam panti asuhan maupun orang lain yang berada di luar lingkungan panti asuhan, sebab nilai yang ditanamkan praktiknya mengikut sertakan teman atau warga sekitar di panti asuhan. Sebagai bentuk interaksi, dan strategi penanamannya di lingkungan panti asuhan melalui beberapa strategi, hal ini dilakukan sebagai bentuk penguatan kedisiplinan yang ditanamkan dalam pembentukan karakter religius saat kegiatan berlangsung.