Implementasi metode mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran SKI Kelas VII MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara Tahun Ajaran 2020/2021

Main Author: Anwar, Akhmad Saiful
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14383/1/SKRIPSI_1703016185_SAIFUL_ANWAR.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14383/
Daftar Isi:
  • Peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan metode yang tepat akan memudahkan proses belajar mengajar. Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnnya nilai mata pelajaran SKI kelas VII MTs Darul Ulum, dan nilai tes yang diperoleh pada mata pelajaran SKI Kelas VII siswa MTs Darul Ulum Purwogondo tergolong rendah dibandingkan dengan mata pelajaran yang bersifat religi yang lain. Tujuan penelitan adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran SKI kelas VII MTs Darul Ulum Purwogondo melalui implementasi metode mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 5 % persen siswa tidak setuju dengan metode mind mapping, sebesar 44 % siswa menyatakan setuju dengan metode mind mapping, sedaangkan sisanya 36 % menyatakan sangat setuju terhadap metode mind mapping. Data ini diperoleh dari pengisisan angket. Sedangkan berdasarkan wawancra terhadap 5 responden dengan skor terendah diperoleh bahwa metode mind mapping membuat mereka termotivasi ketika pembelajaran. Hal ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode mind mapping berhasil dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Purwogondo.