Pelaksanaan pembiasaan shalat dhuhur berjamaah untuk meningkatkan kedisiplinan shalat fardhu pada siswa MTs Al-Khoiriyyah Semarang

Main Author: Risnawati, Risnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14376/1/SKRIPSI_1503016044_RISNAWATI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14376/
Daftar Isi:
  • Kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari memerlukan adanya sebuah pembiasaan yang dilakukan. Seperti halnya apabila seseorang ingin disiplin waktu maka ia harus membiasakan diri tepat waktu dalam melaksanakan aktivitasnya. Dengan adanya membiasakan shalat awal waktu dengan berjamaah, maka seseorang juga akan terbiasa disiplin dalam melaksanakan aktifitasnya. Hal ini dikarenakan sikap kedisiplinan sudah terbentuk dalam diri, sehingga apa yang dilakukan tidak perlu dipertimbangkan lagi. Oleh karena itu, apabila ditelaah dengan sebaik-baiknya maka akan terlihat jelas bahwa hubungan pembiasaan shalat dhuhur berjamaah dengan kedisiplinan sangat relevan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan shalat dhuhur berjamaah untuk meningkatkan kedisipinan shalat fardhu serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembiasaan shalat dhuhur berjamaah untuk meningkatkan kedisiplinan shalat fardhu pada siswa MTs Al-Khoiriyyah Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data di MTs Al-Khoiriyyah Semarang. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut pembiasaan shalat dhuhur berjamaah di MTs Al-Khoiriyyah Semarang sudah berjalan dengan lancar. Proses pembentukan sikap disiplin yang diterapkan dalam pembiasaan shalat dhuhur berjamaah serta monitoring kegiatan ibadah peserta didik masih menerapkan disiplin yang berangkat awal dari sebuah keterpaksaan kemudian menghasilkan sebuah pembiasaan.