Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis mapel Matematika siswa kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang
Main Author: | Inaroh, Ulfantri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14358/1/1503096031_ULFANTRI%20INAROH_Full%20Skripsi%20-%20Ulfa%20Inaroh%282%29.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14358/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas model pembelajaran problem posing untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab apakah model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mapel matematika siswa Kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Sampel pertama yaitu kelas V Abdurrahman bin Auf yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen, sampel kedua yaitu kelas V Salman Al Farisi berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis berupa dokumentasi dan tes. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen adalah 72,94 sedangkan kelas kontrol 56, 469. Hal ini menandakan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika dengan model pembelajaran problem posing lebih baik pada kelas eksperimen dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi pecahan pada siswa kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang.