Implementasi ketrampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV di MI Al Khoiriyyah 02 Semarang
Main Author: | Musafa'ah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14356/1/1503096042_Siti%20Musafa_ah_Skripsi%20Full%20-%20Siti%20Musafa_ah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14356/ |
Daftar Isi:
- Dalam upaya membelajarkan siswa guru dituntut memiliki multi peran sehingga mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif. Serangkaian kemampuan teknik dan keterampilan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar perlu dimiliki oleh seorang guru. Namun demikian, belum tentu seluruh komponen keterampilan dasar mengajar diterapkan oleh guru. Hal tersebut menjadi peluang diadakannya penelitian yang berhubungan dengan keterampilan dasar mengajar guru SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) dikelas IV MI AL-Khoiriyyah 02 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah, Mendeskripsikan keterampilan dasar mengajar yang diterapkan oleh guru pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MI AL-Khoiriyyah 02 Semarang. Pokok permasalahan yang diteliti adalah keterampilan dasar mengajar apa saja yang diterapkan oleh guru pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data yang dilakukan dalam bentuk seluruh hasil pengamatan baik berupa data maupun tindakan yang berkaitan dengan keterampilan dasar mengajar guru mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang. Data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) dikelas IV MI Al-khoiriyyah 02 Semarang telah mengimplementasikan tujuh diantara delapan keterampilan dasar mengajar. Keterampilan tersebut yaitu keterampilan bertanya tingkat dasar, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan