Hubungan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kedisiplinan siswa kelas IV di MI NU 09 Kauman Boja tahun ajaran 2019/2020

Main Author: Kusumaningrum, Evita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14342/1/1503096095_EVITA%20KUSUMANINGRUM_SKRIPSI%20FULL%20-%20evita%20kusuma21.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14342/
Daftar Isi:
  • Perhatian orang tua merupakan bentuk dukungan yang diberikan orang tua untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Berdasarkan observasi awal siswa MI NU 09 Kauman Boja diidentifikasi kurang disiplin karena beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya perhatian orang tua. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan positif antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kedisiplinan siswa kelas IV MI NU 09 Kauman Boja. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kedisiplinan siswa kelas IV MI NU 09 Kauman Boja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional untuk menguji dua hubungan variabel. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV yaitu 23 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket yang diisi oleh 23 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kedisiplinan siswa kelas IV MI NU 09 Kauman Boja, yang ditunjukkan dengan uji hipotesis yang menunjukkan r_(hitung ) > r_(tabel ) (0,545 > 0,413) dan apabila hasil tersebut diinterpretasikan dengan mencocokan hasil perhitungan dengan indeks korelasi “r” product moment, ternyata besarnya r_xy (0,545) berada antara posisi 0,400 – 0,600 yang berarti antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kedisiplinan siswa terdapat korelasi yang agak rendah.