Pengaruh model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan permainan word square terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang tahun 2019/2020

Main Author: Azizah, Naily Nihla
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14303/1/1503096106_Naily%20Nihla%20Azizah_FULL%20SKRIPSI%20-%20Nailaa%20azizah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14303/
Daftar Isi:
  • Skirpsi ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Dengan Permainan Word Square Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang Tahun 2019/2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang disajikan monoton, yaitu penugasan. Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran hanya membaca dan mengerjakan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran SQ3R dengan permainan word square terhadap kemampuan membaca intensif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A, B, C, dan D, kemudian diambil sampel kelas IV B dan IV C. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest untuk memperoleh data. Sebelum instrumen tes digunakan, dilakukan terlebihdahulu tes uji coba di kelas V A untuk mengetahui validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil tes yang telah dilakukan diperoleh rata-rata kelas kontrol adalah 67,21 dengan standar deviasi (s) 6,73. Sementara nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,86 dengan standar deviasi (s) 5,43. Dari analisis data akhir diperoleh t_(hitung )= 10,215 dan t_tabel = 1,670. Karena t_(hitung )> t_tabel maka hipotesis yang diajukan diterima. Karena H_a diterima, artinya penggunaan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan permainan word square berpengaruh dan dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang.