Pengaruh disposisi matematis dan kecerdasan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika dalam materi sistem persamaan linier dua variabel kelas viii di SMP N 1 Kaliori

Main Author: Sunarsih, Sunarsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14284/1/Skripsi_1608056036_Sunarsih.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14284/
Daftar Isi:
  • Kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa secara teoritik diantaranya adalah disposisi matematis dan kecerdasan numerik. Sehingga perlu di teliti agar kemampuan berpikir kritis matematika lebih baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana pengaruh disposisi matematis (X_1) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika (Y), (2) Bagaimana pengaruh kecerdasan numerik 〖(X〗_2) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika (Y), (3) Bagaimana pengaruh disposisi matematis (X_1) dan kecerdasan numerik 〖(X〗_2) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika (Y). penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi selurus siswa kelas VIII di SMP N 1 Kaliori dengan sampel penelitian 32 siswa kelas 8.7 yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen tes terdiri dari angket disposisi matematis, Soal tes pilihan ganda kecerdasan numerik dan soal tes uraian kemampuan berpikir kritis. Hasil dari data penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis dengan koefisien korelasi 0,4465 dan koefisien determinasi r^2=0,199. sehingga 19,94% kemampuan berpikir kritis matematika dipengaruhi oleh disposisi matematis (2) Terdapat pengaruh signifikan kecerdasan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis, dengan koefisien korelasi sebesar 0,4729 dan koefisien determinasi r^2=0,2236 sehingga sebesar 22,36% kemampuan berpikir kritis matematika dipengaruhi oleh kecerdasan numerik. (2) Terdapat pengaruh signifikan Disposisi matematis dan kecerdasan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis, dengan koefisien korelasi sebesar R=0,6786 dan koefisien determinasi R^2=0,4605288. sehingga sebesar 46,05% kemampuan berpikir kritis matematika dipengaruhi oleh disposisi matematis dan kecerdasan numerik secara bersama dan 53,95% lainya dipengaruhi oleh faktor lain.Kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa secara teoritik diantaranya adalah disposisi matematis dan kecerdasan numerik. Sehingga perlu di teliti agar kemampuan berpikir kritis matematika lebih baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana pengaruh disposisi matematis (X_1) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika (Y), (2) Bagaimana pengaruh kecerdasan numerik 〖(X〗_2) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika (Y), (3) Bagaimana pengaruh disposisi matematis (X_1) dan kecerdasan numerik 〖(X〗_2) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika (Y). penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi selurus siswa kelas VIII di SMP N 1 Kaliori dengan sampel penelitian 32 siswa kelas 8.7 yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen tes terdiri dari angket disposisi matematis, Soal tes pilihan ganda kecerdasan numerik dan soal tes uraian kemampuan berpikir kritis. Hasil dari data penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis dengan koefisien korelasi 0,4465 dan koefisien determinasi r^2=0,199. sehingga 19,94% kemampuan berpikir kritis matematika dipengaruhi oleh disposisi matematis (2) Terdapat pengaruh signifikan kecerdasan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis, dengan koefisien korelasi sebesar 0,4729 dan koefisien determinasi r^2=0,2236 sehingga sebesar 22,36% kemampuan berpikir kritis matematika dipengaruhi oleh kecerdasan numerik. (2) Terdapat pengaruh signifikan Disposisi matematis dan kecerdasan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis, dengan koefisien korelasi sebesar R=0,6786 dan koefisien determinasi R^2=0,4605288. sehingga sebesar 46,05% kemampuan berpikir kritis matematika dipengaruhi oleh disposisi matematis dan kecerdasan numerik secara bersama dan 53,95% lainya dipengaruhi oleh faktor lain.