Pengaruh penggunaan pop-up module materi pelestarian sumber daya alam di lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2019/2020
Main Author: | Almazummi, Shofina Aulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14270/1/1503096108_Shofina%20Aulia%20Almazummi_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Shofina%20Almazummi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14270/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan pop-up module materi pelestarian sumber daya alam di lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi kurikulum 2013 yang mengharuskan guru untuk dapat menyusun materi pembelajaran dan menjadikan guru selain pengajar juga sebagai fasilitator. Salah satu penunjang agar pembelajaran tersebut tercapai maka guru harus dapat menyusun media pembelajaran, salah satunya adalah pop-up module. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan pop up module materi pelestarian sumber daya alam di lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif lapangan berupa eksperimen pada kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Sebelum diberi perlakuan terlebih dulu dilakukan uji analisis tahap awal dengan menggunakan nilai mid semester gasal. Setelah diberi perlakuan, data yang dianalisis adalah nilai posttest dengan uji perbedaan rata-rata dan uji pengaruh dua variabel. Kajian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini berdasarkan pada perhitungan penelitian diperoleh thitung = 3,774 sedangkan ttabel = 2,007 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Berdasarkan data diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 81,923 dan kelas kontrol sebesar 75,59. Pada uji pengaruh pop-up module terhadap hasil belajar peserta didik memperoleh hasil sebesar 0,33 dan termasuk pada kriteria hubungan positif yang sedang sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pop-up module materi pelestarian sumber daya alam di lingkungan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang.