Pengaruh marketing plan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) terhadap kinerja Koperasi Mahasiswa Walisongo UIN Walisongo Semarang
Main Author: | Ni'mah, Naily Fadhilatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14233/1/1705026067_Naily%20fadhilatun%20Ni_mah_Tugas%20Akhir%20-%20Naily%20Nafa.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14233/ |
Daftar Isi:
- Proses bisnis koperasi harus diiringi dengan program Pendidikan dan pelatihan bagi anggota, pengurus, pengelola, pengawas dan Pembina. Dengan diharapkan agar dapat menyelesaikan masalah kronis koperasi. Marketing Plan atau yang bisa disebut dengan perencanaan pemasaran merupakan elemen utama dalam penentuan perencanaan bisnis pada perusahaan. Marketing Plan selayaknya dibuat dalam bentuk tahunan yang difokuskan pada pengambilan keputusan yang berkaitan dengan Strategy Marketing dan Marketing mix, dimana pada tahap awal proses monitoringnya harus dilakukan secara berkala karena termasuk bagian dari proses perencanaan bisnis. Marketing terjadi dari tiga komponen penting yaitu perusahaan, karyawan/pelaku usaha dan konsumen. Dari ketiga komponen tersebut saling mempengaruhi dan dipengaruhi, jika saling mendukung maka akan mencapai kesuksesan usaha. Dengan demikian untuk mencapai profit yang berkelanjutan, dapat memperhatikan Marketing Plan serta kualitas SDMnya. Di lima tahun terahir, pendapatan kopma mengalami fluktuatif serta omset yang didapatkan masih dibawah RAPBK yang telah ditetapkan. Upaya untuk memulihkan pendapatan maka harus ada perencanaan pemasaran yang terbaru sesuai dengan masa perkembangan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Marketing Plan dan Kualitas SDM terhadap Kinerja Koperasi Mahasiswa Walisongo UIN Walisongo Semarang. Adapun jenis penelitiannya yaitu menggunakan Penelitian Kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan dan sekunder. Metode kuisioner ditujukan kepada 30 responden, adapun analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa seluruh variable berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan usaha kopma walisongo. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,705 yang artinya Kinerja Koperasi dapat dijelaskan oleh factor variable Marketing Plan dan kualitas SDM sebesar 72,5%. Sedangkan 27,5% nya dijelaskan variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.