Pengaruh implementasi reading morning terhadap minat baca siswa kelas V MI Ianatus Shibyan Kota Semarang tahun ajaran 2020/2021

Main Author: Fauziyah, Amalia Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14218/1/1703096011_Amalia%20Fitri%20Fauziyah_Full%20Skripsi%20-%20Amalia%20Fitri.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14218/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Implementasi Reading Morning terhadap minat baca siswa kelas V MI Ianatus Shibyan Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif dengan teknik analisis regresi. Data dikumpulkan dari populasi yaitu 38 siswa kelas V. teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dan dokumentasi. Metode angket digunakan untukmengetahui adanya Implementasi Reading Morning dan minat baca siswa kelas V MI Ianatus Shibyan. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Terhadap pengaruh yang positif dan signifikansi antara Implementasi Reading Morning terhadap minat baca siswa kelas V MI Ianatus Shibyan Kota Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Dari uji korelasi product moment diketahui bahwa r_xy= 1,693 > r_tabel dengan taraf signifikansi 5% = 0,325. Hal ini menunjukkan bahwa antara kedua variabel memiliki korelasi, karena r_xy>r_tabel. Dari hasil perhitungan regresi juga menunjukkan hasil yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari analisis regresi linier sederhana. Hasil perhitungan analisis regresi sederhana, diperoleh F_(tabel ) = 3,267 dan harga F_reg= 3,555. Jika dibandingkan maka harga F_reg> F_reg. Hal ini juga ditunjukkan dengan persamaan garis regresi : 56,170 + 0,196X. Sehingga dapat dikatakan bahwa program Reading Morning mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat baca siswa kelasV MI Ianatus Shibyan Kota Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi dan masukan bagi seluruh warga sekolah bahwa adanya program Reading Morning sangat penting dan berpengaruh baik terhadap minat baca peserta didik