Pengaruh pembelajaran IPA dengan pop-up book terhadap penguasaan konsep siswa materi siklus air kelas V MI Matholiul Falah Juwana
Main Author: | Nisaa, Fitriana Khoirun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14180/1/1703096064_Fitriana%20Khoirun%20Nisaa__%20Full%20Skripsi%20-%20Fitriana%20Khoirun%20Nisaa.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14180/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran dan juga para guru serta siswa di MI Matholiul Falah Juwana belum mengenal pop-up book sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran IPA dengan pop-up book kelas V terhadap Penguasaan konsep pada materi siklus air di MI Matholiul Falah Juwana dan respon peserta didik terhadap media pop-up book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan bentuk non-equivalen control gruop design. Sampel pada penelitian ini adalah Kelas V Sift 1 yang terdiri dari 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V Sift 2 yang terdiri dari 18 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan analisis pengaruh 2 variabel yang dihitung menggunakan rumus korelasi biserial diperoleh hasil rbis (0,711171) > rtabel (0,32) untuk taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima, memiliki pengaruh sebesar 50,41%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pop-up book kelas V pada materi siklus air di MI Matholiul Falah terhadap Penguasaan konsep siswa sebesar 50,41% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Respon peserta didik terhadap media pop-up book sebesar 88,26% dengan kategori sangat baik.