Pengaruh religiusitas dan harga terhadap keputusan pembelian makanan dengan labelisasi halal sebagai variabel intervening studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Main Author: Sholikatun, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14096/1/TESIS_1705028020_SITI_SHOLIKATUN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14096/
ctrlnum 14096
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14096/</relation><title>Pengaruh religiusitas dan harga terhadap keputusan pembelian makanan dengan labelisasi halal sebagai variabel intervening : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang</title><creator>Sholikatun, Siti</creator><subject>297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)</subject><subject>658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)</subject><description>Keputusan pembelian merupakan proses seorang konsumen mengenal masalah, mencari informasi mengenai produk dan mengevaluasi seberapa baik masing-masing alternatif tersebut yang kemudian mengarah kepada keputusan pembelian. Perkembangan informasi membuat konsumen menentukan pilihan dengan mudah, dengan akses mudah tersebut perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen antara lain harga, promosi dan produk. Konsumen dalam memilih sebuah kemasan produk harus mempertimbangkan beberapa informasi penting mengenai bentuk produk, label dan informasi lainnya yang menyangkut tentang kondisi diri produk tersebut sehingga produk tersebut dapat dikonsumsi dengan baik&#xF02E; Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM PLS (Partial Least Square). pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 informan yang diambil dari sebagian Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Syari&#x2019;ah, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dakwah dan beberapa karyawan&#xF02E; Hasil pengujian membuktikan bahwa religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap labelisasi halal dan harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan pengujian tidak langsung membuktikan bahwa labelisasi halal mampu memediasi antara religiusitas terhadap keputusan pembelian. &#xD; &#xD; ABSTRACT:&#xD; Purchasing decision is the process of a consumer recognizing a problem, finding information about a product and evaluating how well each of these alternatives then leads to a purchase decision. The development of information makes consumers make choices easily, with this easy access it is necessary to consider the factors that influence consumer purchasing decisions, including prices, promotions and products. Consumers in choosing a product packaging must consider some important information about the shape of the product, labels and other information concerning the self-condition of the product so that the product can be consumed properly The type of research used is quantitative research and the analysis method used in this study is SEM PLS (Partial Least Square). data collection in this study is a questionnaire. The questionnaire is a data collection technique by giving a set of questions or written statements to respondents to answer. The number of samples in this study were 100 informants who were taken from some students of the Faculty of Economics and Islamic Business, Faculty of Sharia, Faculty of Tarbiyah, Faculty of Da'wah and several employees. The test results prove that religiosity has a significant positive effect on halal labeling and price has a significant positive effect on purchasing decisions, while indirect testing proves that halal labeling is able to mediate between religiosity and purchasing decisions.</description><date>2020-11-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14096/1/TESIS_1705028020_SITI_SHOLIKATUN.pdf</identifier><identifier> Sholikatun, Siti (2020) Pengaruh religiusitas dan harga terhadap keputusan pembelian makanan dengan labelisasi halal sebagai variabel intervening : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>14096</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sholikatun, Siti
title Pengaruh religiusitas dan harga terhadap keputusan pembelian makanan dengan labelisasi halal sebagai variabel intervening : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang
title_sub studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang
publishDate 2020
isbn 9781705028025
topic 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food
Syirik
Munafiq)
658.8 Marketing management (pemasaran
distribusi)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14096/1/TESIS_1705028020_SITI_SHOLIKATUN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14096/
contents Keputusan pembelian merupakan proses seorang konsumen mengenal masalah, mencari informasi mengenai produk dan mengevaluasi seberapa baik masing-masing alternatif tersebut yang kemudian mengarah kepada keputusan pembelian. Perkembangan informasi membuat konsumen menentukan pilihan dengan mudah, dengan akses mudah tersebut perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen antara lain harga, promosi dan produk. Konsumen dalam memilih sebuah kemasan produk harus mempertimbangkan beberapa informasi penting mengenai bentuk produk, label dan informasi lainnya yang menyangkut tentang kondisi diri produk tersebut sehingga produk tersebut dapat dikonsumsi dengan baik Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM PLS (Partial Least Square). pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 informan yang diambil dari sebagian Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Syari’ah, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dakwah dan beberapa karyawan Hasil pengujian membuktikan bahwa religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap labelisasi halal dan harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan pengujian tidak langsung membuktikan bahwa labelisasi halal mampu memediasi antara religiusitas terhadap keputusan pembelian. ABSTRACT: Purchasing decision is the process of a consumer recognizing a problem, finding information about a product and evaluating how well each of these alternatives then leads to a purchase decision. The development of information makes consumers make choices easily, with this easy access it is necessary to consider the factors that influence consumer purchasing decisions, including prices, promotions and products. Consumers in choosing a product packaging must consider some important information about the shape of the product, labels and other information concerning the self-condition of the product so that the product can be consumed properly The type of research used is quantitative research and the analysis method used in this study is SEM PLS (Partial Least Square). data collection in this study is a questionnaire. The questionnaire is a data collection technique by giving a set of questions or written statements to respondents to answer. The number of samples in this study were 100 informants who were taken from some students of the Faculty of Economics and Islamic Business, Faculty of Sharia, Faculty of Tarbiyah, Faculty of Da'wah and several employees. The test results prove that religiosity has a significant positive effect on halal labeling and price has a significant positive effect on purchasing decisions, while indirect testing proves that halal labeling is able to mediate between religiosity and purchasing decisions.
id IOS2754.14096
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-03-02T06:39:52Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:19Z
recordtype dc
_version_ 1765821660834824192
score 17.13294