Hubungan minat belajar daring dengan hasil belajar kognitif siswa selama pembelajaran daring mata pelajaran biologi di SMAN 8 Semarang

Main Author: Nikmah, Zulfahtul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14077/1/SKRIPSI_1708086037_ZULFAHTUL%20NIKMAH.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14077/
Daftar Isi:
  • Penelitian kali ini masuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif, analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data korelasi product moment yang memiliki tujuan mengetahui apakah ada hubungan yang positif dari minat belajar daring dengan hasil belajar kognitif siswa selama pembelajaran daring mata pelajaran biologi SMAN 8 Semarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dari anggote populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperlihatkan strata yang ada dalam populasi itu sendiri. Sampel yang diambil pada penelitian kali ini sebanyak 2 kelas dari populasi keseleruhan 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Dari perhitungan tersebut didapatkan hasil perhitungan korelasi antara minat belajar daring dengan hasil belajar kognitif selama pembelajaran daring diperoleh rxy= 0.945 dengan taraf signifikansi 5% dengan kategori korelasi sangat kuat, karena terletak diantara 0.800-1.000. kemudian untuk menguji keberartian koefisien korelasi sederhara digunakan rumus uji “t” didapatkan hasil t hitung 24.15 dengan t tabel 1.994, maka didapatkan hasil t hitung > t tabel (24.15>1.994) sehingga dapat dikatakan variabel X dengan Y memiliki hubungan yang signifikan.