Analisis respons siswa terhadap penggunaan platform e-learning dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA dan MA Negeri di Kota Semarang

Main Author: Zahro, Anisatuz
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14076/1/SKRIPSI_1708086027_ANISATUZ%20ZAHRO.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14076/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran biologi di masa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring dengan bantuan platform e-learning. Beragamnya platform e-learning yang digunakan secara langsung berpengaruh terhadap respons siswa dalam penggunaannya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian campuran (mixed method) dengan menggunakan analisis model Miles and Huberman untuk data kualitatif dan analisis deskriptif sederhana untuk data kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan keragaman platform e-learning dan letak geografis sekolah. Sampel yang diambil yaitu 5 sekolah dengan 3 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 2 Madrasah Aliyah (MA). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian diketahui bahwa platform e-learning yang digunakan oleh guru biologi kelas XI sangat beraneka ragam, mulai dari platform pesan instan seperti WhatsApp, platform video conference seperti Google Meet dan Microsoft Team, dan platform Learning Management System (LMS) seperti Moodle, Google Classroom, Microsoft Office 365, dan e-learning madrasah. Kemudian untuk respons siswa terhadap penggunaan e-learning dapat dikatakan positif, 3 sekolah menunjukkan respons yang sangat positif, dan 2 sekolah menunjukkan respons yang positif dan kurang positif. Respons yang ditunjukkan siswa dilatarbelakangi oleh pengetahuan dan keterampilan siswa dalam berteknologi khususnya dalam hal pemanfaatan e-learning.