Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al- Qur’an melalui metode muraja’ah di TK Islam Terpadu Al Madinah Boyolali

Main Author: Arfin, Thalita Tifal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14066/1/1703106039_Thalita%20Tifal%20Arfin_Skripsi%20Lengkap%20-%20Thalita%20Tifal.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14066/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu gambaran tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al- Qur’an Melalui Metode Muraja’ah Di TK Islam Terpadu Al Madinah Boyolali Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an melalui metode murojaah di TK Islam Terpadu Al- Madinah Boyolali? (2)Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksana tahfidz yang di lakukan di TK Islam Terpadu Al Madinah Boyolali Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kualitatif lapangan, dimana peneliti ikut berpartisipasi selama di lapangan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, Ustadzah dan wali murid. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data koleksi, data reduksi, display data. Hasil dari kesimpulan ini menunjukkan bahwa: Proses pembelajaran Tahfidz Al – Qur’an di Tk Islam Terpadu Al Madinah yaitu menggunakan metode muraja’ah dan sisitem One Day One Ayat. Didalam penghafalan ini anak harus mempunyai dukungan dari orang tua, istiqomah dalam memuraja’ah, dan lancar membaca Al- Qur’an. Dalam pelaksanaan menghafal Al – Qur’an dengan metode muraja’ah di Tk Islam Al Madinah Boyolali antara lain: muraja’ah dihadapan Ustadzah, Muraja’ah bersama –sama di halaman sekolah, ujian tahfidz, muraja’ah hafalan lama dan baru bersama Ustadzah