Penggunaan daily activity moral agama dalam meningkatkan kepedulian sosial pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Mekar 01 Ketapang Kendal tahun 2021

Main Author: Dhiani, Nabila Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14063/1/1703106035_Nabila%20Rizki%20Dhiani_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Nabila%20Rizki%20Dhiani.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14063/
Daftar Isi:
  • Pada kehidupan anak usia dini sangat penting sekali peranan seorang pendidik yang tentunya cukup mempengaruhi perkembangan moral agama yang dapat mengarahkan dalam kepedulian sosial anak. Karena diketahui bahwa anak usia dini merupakan peniru yang sangat handal dimana mereka pada umumnya belum bisa membedakan antara perbuatan baik dan buruk, sehingga mereka meniru orang lain yang berada di lingkungannya. Salah satu cara yang dapat mengembangkan perkembangan moral agama berkaitan dengan aspek kepedulian sosial adalah daily activity. Daily activity adalah kegiatan sehari-hari yang dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi kebiasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan daily activity moral agama dalam meningkatkan kepedulian sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumen analisis. Data dianalisis secara kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan daily activity moral agama dalam meningkatkan kepedulian sosial anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Mekar 01 Ketapang Kendal menggunakan bentuk kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, dan kegiatan terprogram. Dampak kepedulian sosial anak dari kegiatan daily activity moral agama meliputi anak mampu memahami perilaku mulia yaitu tolong menolong, anak mampu bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, dan gotong royong dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan disekitarnya