Implementasi nilai pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin anak usia dini dalam masa pandemi covid-19 di RA. M. I’anatut Tholibin Kudus tahun 2020
Main Author: | Chasanah, Dewi Uswatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14058/1/1703106021_Dewi%20Uswatun%20Chasanah_Full%20Skripsi%20-%20Dewi%20Uswatun%20Chasanah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14058/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui implementasi nilai pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin anak di rumah, (2) Megetahui metode yang digunakan dalam membentuk karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak belajar, (3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak belajar di rumah masa pandemic covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang disajikan berupa kata-kata yang diperoleh dan diolah berdasarkan deskripsi penulis. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak di rumah adalah melalui bimbingan dari orang tua serta mengikuti berbagai kegiatan tujuannya untuk membentuk karakter anak. Kedua, metode yang digunakan dalam membentuk karakter anak belajar di rumah adalah dengan metode keteladanan seperti orang tua melatih anak untuk menerapkan karakter tanggung jawab dan disiplin dalam kehidupan sehari-hari, metode pembiasaan seperti halnya melalui bimbingan orang tua dengan membiasakan berperilaku yang baik dan sopan dalam kehidupan sehari-hari, dan metode mau’izhah dan nasehat seperti anak diberikan nasehat dan motivasi tentang tanggung jawab dan disiplin pada anak belajar di rumah, agar anak semangat dalam melakukannya. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak belajar di rumah masa pendemic covid-19, faktor pendukungya meliputi, adanya dukungan dari orang tua, alat komunikasi dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi, anak lebih mementingkan sesuai keinginannya, kurang percaya diri, tidak bisa mengendalikan emosi, tidak stabilnya koneksi jaringan dan lingkungan yang kurang kondusif