Upaya meningkatkan etika Islam pada siswa kelompok B melalui metode bermain peran di RA Uswatun Hasanah tahun pelajaran 2019/2020

Main Author: Rohmawati, Syukriya Ulfiyatur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14049/1/1503106058_Syukriya%20Ulfiyatur%20Rohmawati_Full%20Skripsi%20-%20Fiya_%20Piya21.docx
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14049/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan pendekatan Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara, Tes, dan Dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas, TU, dan Peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis kritis dan analisis deskriptif komparatif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan Etika Islam pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Uswatun Hasanah Mangkang Wetan Tugu Semarang. Kemampuan Beretika Islam Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bermain Peran di RA Uswatun Hasanah Mangkang Wetan Tugu Semarang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pada siklus I, diperoleh hasil bahwa Kinerja Guru mencapai 52,47% dengan kategori baik. Pada siklus II mencapai 80,9% atau dengan kategori sangat baik. Keaktifan anak dalam mengikuti kegiatan dengan media bermain peran pada siklus I termasuk dalam kategori cukup aktif dengan persentase 49,5%, sedangkan pada siklus ke II termasuk dalam kategori sangat aktif dengan persentase mencapai 81,75%. Prestasi belajar anak dalam pembelajaran Nilai Agama dan Moral untuk meningkatkan Etika Islam anak pada siklus I dengan pencapaian ketuntasan sebanyak 8 anak atau 47,1% dan pada siklus II dengan ketuntasan sebanyak 12 anak atau 70,58%.