Strategi pemasaran koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah baitul maal wa tamwil bismillah Rowosari Kendal dalam meningkatkan jumlah anggota
Main Author: | Hirowati, Rofiqoh Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14018/1/1401036057_ROFIQOH%20DWI%20H_TUGAS%20AKHIR%20LENGKAP.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14018/ |
Daftar Isi:
- Rofiqoh Dwi Hirowati (1401036057), Strategi Pemasaran Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota. Skripsi, Program Studi Manajemen Bisnis Islam, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2021. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal dalam meningkatkan jumlah anggota. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif guna untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai strategi pemasaran yang digunakan oleh Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal serta menggunakan teknik analisisis. Data penelitian bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi langsung dilokasi Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal melalui wawancara dan dokumentasi atau arsip Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan dan literatur-literatur mengenai stratrategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal dalam meningkatkan jumlah anggota adalah (1) Meningkatkan kualitas pelayanan kepada anggota. (2) Meningkatkan kualitas SDM. (3) meningkatkan kegiatan promosi kepada masyarakat. (4) open manajemen (selalu terbuka kepada setiap anggota). (5) adanya proses tawar menawar (negoisasi) margin. Adapun faktor pendukung yang menjadi faktor pendorong kegiatan strategi pemasaran Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Bismillah Rowosari Kendal, meliputi (1) Memberikan pelayanan prima kepada setiang anggota. (2) Letak lokasi kantor yang strategis. (3) SDM yang berkualitas. (4) Masyarakat mulai tertarik pada sistem operasional BMT yang berbasis syariah. Sedangkan faktor penghambat kegiatan strategi pemasaran, yaitu: (1) Minimnya inovasi produk di bidang pemasaran. (2) Kegiatan promosi belum maksimal. (3) Banyak pesaing dari lembaga keuangan yang sama atau lembaga keuangan lainnya.