Implementasi kurikulum PAI: Studi SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang
Main Author: | Lutvi, Imam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14007/1/1403036069_IMAM%20LUTVI_FULL%20SKRIPSI%20-%20imam%20lutvi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14007/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah pada saat ini sangat perlu diperhatikan oleh berbagai pihak, mengingat perkembangan zaman yang terus maju membutuhkan alat filter terhadap berbagai hal yang dapat memberikan pengaruh buruk yang datang dari faktor internal maupun eksternal. Namun sangat disayangkan, PAI di sekolah sering dianggap kurang berhasil dalam membentuk sikap dan perilaku keberagamaan peserta didik serta membangun moral dan etika bangsa tersebut. Untuk itu kurikulum PAI di sekolah perlu dimanajemen dengan sebaik mungkin. Manajemen kurikulum melibatkan mengenai perencanaan dan pengorganisasian kurikulum sebelum diimplementasikan di Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas yang kemudian perlu dilakukan evaluasi untuk meninjau Kembali kualitas dari kurikulum yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode integrasi dan penambahan jam mata pelajaran agama yang semula 2 jam menjadi 4 jam dalam upaya implementasi kurikulum cukup efektif dalam pembentukan karakter siswa agar lebih agamis.