Daftar Isi:
  • Budaya organisasi yang dimiliki sekolah mempunyai peran penting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sekolah. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana secara empirik kedisiplinan siswa sekolah di MTs Miftahussa’adah Mijen?2) Bagaimana budaya organisasi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sekolah di MTsMiftahussa’adah Mijen? Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif, datanya diperoleh dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi, serta dianalisis dengan teknik deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik kedisiplinan siswa sekolah, dan budaya organisasi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sekolah di MTsMiftahussa’adah Mijen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kedisiplinan siswa sekolah di MTs Miftahussa’adah sebagian besar sudah disiplin, akan tetapi masih ada beberapa warga sekolah yang melanggar kedisiplinan. Adapun budaya organisasi dalam meningkatkan kedisipinan siswa sekolah di MTs Miftahusa’adah adalah 1) Budaya disiplin; 2) Budaya religius; 3) Budaya ta’dzim pada guru; 4)Budaya Pembentukan karakter yang taat aturan, 5) Program kepramukaan; 6) Program paskibraka.