Efektivitas mind mapping terintegrasi science, untuk mengembangkan kemampuan literasi sains siswa kelas X materi gerak parabola

Main Author: Sa'adah, Nailis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13956/2/1708066009_Nailis%20Sa_adah_FULL%20SKRIPSI%20-%20Nailis%20Sa_adah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13956/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefetivitasan penerapan Mind Mapping Terintegrasi STEM dalam mengembangkan kemampuan literasi sains siswa, untuk mengetahui kemampun dan karakteristik literasi sains siswa dengan penerapan Mind Mapping Terintegrasi STEM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive, sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Teknik pengambilan data yang dilakukan diantaranya wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji mann-whitney u-test dan uji n-gain. Materi yang dipilih dalam penelitian ini ialah materi gerak parabola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai n-gain kelas eksperimen (0.0245) lebih besar dibandingkan dengan nilai n-gain kelas kontrol (0.0178), sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran Mind Mapping Terintegrasi STEM dapat mengembangkan kemampuan literasi sains siswa materi gerak parabola.