Efektivitas pembelajaran discovery learning terintegrasi local wisdom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X materi dinamika gerak di SMK Negeri 7 Semarang

Main Author: Hidayati, Fildzah Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13946/1/1503066070_Fildzah%20Kurnia_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Fildzah%20Kurnia.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13946/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran discovery learning terintegrasi local wisdom pada mata pelajaran Fisika kelas X materi Dinamika Gerak di SMK Negeri 7 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK Negeri 7 Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel X TFLM 2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X TME 2 sebagai kelas Kontrol. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu strategi pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Data hasil pre-test digunakan untuk menguji homogenitas dan normalitas awal sedangkan hasil post-test untuk menguji normalitas akhir, uji hipotesis, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan thitung = 7,00 > ttabel = 1,66 dan uji gain kelas eksperimen sebesar 0,75 yang masuk dalam kategori tinggi, untuk kelas kontrol sebesar 0,57 yang masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sistem blok berintegrasi local wisdom efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.