Efektivitas model pembelajaran problem based learning dengan praktikum virtual materi asam basa di masa pandemi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Main Author: Maula, Tika Fauziatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13933/1/Skripsi_1708076057_Tika_Fauziatul_Maula.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13933/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Problem Based Learning dengan praktikum virtual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA N 13 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan penelitian jenis eksperimen. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain eksperimen nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 13 Semarang. Sampel yang dipergunakan adalah kelas XI IPA 4 sebanyak 36 peserta didik yang menjadi kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebanyak 34 peserta didik menjadi kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Media praktikum virtual efektif untuk meningkatkan hasil belajar dibuktikan dengan nilai uji kesamaan dua rata-rata hasil belajar sebesar 0,710 dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut memiliki kemampuan yang sama. Penggunaan media praktikum virtual efektif dalam meningkatkan hasil belajar kelas eksperimen dibuktikan dengan rata rata hasil belajar sebesar 29,361 sedangkan rata rata hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 23,939 dan nilai n gain kelas eksperimen sebesar 0,3366 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,0578 dengan kategori rendah.