Hubungan literasi digital dan keterampilan penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran berbasis ICT pada materi hidrokarbon
Main Author: | Ni'mah, Alfin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13929/1/Skripsi_1708076047_Alfin_Ni_mah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13929/ |
Daftar Isi:
- Revolusi industri 4.0 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan literasi digital. Terlebih lagi literasi digital sangat diperlukan pada masa pandemi. Masa pandemi mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring dengan menggunakan LMS (Learning Management System). Adapun LMS yang digunakan dalam penelitian ini adalah google classroom. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat literasi digital peserta di MAS Silahul Ulum pada materi hidrokarbon dan untuk mengetahui ada dan tidaknya hubungan literasi digital peserta didik terhadap penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran berbasis ICT (Information Communication and Technologies) di MAS Silahul Ulum pada materi hidrokarbon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan analisis data dengan menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA MAS Silahul Ulum dan teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi digital peserta didik kelas XI MIA di MAS Silahul Ulum adalah 23,8% peserta didik memiliki tingkat literasi digital sangat baik, 69,04% peserta didik memiliki tingkat literasi digital baik, serta 7,14% peserta didik memiliki tingkat literasi digital cukup. Adapun dalam penelitian ini dimensi literasi digital yang digunakan meliputi information dengan persentase 84,47%, communication dengan persentase 82, 44%, content-creation dengan persentase 75,63%, safety dengan persentase 85,53%, serta problem solving dengan persentase 81,29%. Literasi digital memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran berbasis ICT pada materi hidrokarbon dengan nilai korelasi 0,719. Semakin tinggi tingkat literasi digital maka keterampilan dalam menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran berbasis ICT pada materi hidrokarbon akan semakin baik.