Implementasi nada muri-Q pada pembelajaran tahfidz Juz’Amma di RA al Khoiriyyah 1 Semarang Tahun 2019/2020
Main Author: | Thaher, Vina Rizqia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13922/1/1503106010_Vina%20Rizqia%20Thaher_FULL%20SKRIPSI%20-%20Rizqia%20Thaher.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13922/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang bagaimana implementasi metode Nada Muri-q pada pembelajaran tahfidz juz’amma anak usia dini di RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya menghafal Al-Qur’an sejak dini. Namun banyak kendala yang dihadapi anak dalam menghafal Al-Qur’an. Diantaranya, anak dibebani dengan metode menghafal yang terkesan monoton dengan tanpa adanya variasi. Bertolak dari hal tersebut, maka dibutuhkan metode menghafal Al-Qur’an yang menyenangkan bagi anak, khususnya bagi siswa kelas B RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Maka dari itulah diterapkannya metode Nada Muri-Q di RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan: Bagaimana implementasi Nada Muri-Q dalam pembelajaran Tahfidz Juz’amma di kelas B RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang? Dan Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Juz’amma dengan menggunakan Nada Muri-Q di kelas B RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan naturalistic, dan semua data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan penelitian yang penulis lakukan tentang implementasi Nada Muri-Q pada pembelajaran Tahfidz Juz’amma di RA Al Khoiriyyah 1 Semarang dapat disimpulkan bahwa metode Nada Muri-Q ini telah menghasilkan kemajuan yang cukup signifikan yakni tercapainya target hafalan. Keberhasilan tersebut di dukung oleh beberapa faktor. Walaupun demikian, penerapan metode Nada Muri-Q pada pembelajaran Tahfidz Juz’’Amma ini juga belum maksimal dikarenakan adanya kendala atau faktor penghambat yang datang dari beberapa aspek.