Pengembangan LKPD elektronik (e-LKPD) berbasis problem based learning (PBL) bermuatan etnosains pada materi reaksi redoks kelas X di MAN 1 Cirebon
Main Author: | Fuadah, Laely Faizatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13901/1/Skripsi_1708076040_Laely_Faizatun_Fuadah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13901/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi karena bahan ajar LKPD yang digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar kimia di MAN 1 Cirebon kurang menarik minat peserta didik untuk belajar, belum berbasis pemecahan masalah, serta belum memanfaatkan media elektronik seperti smartphone atau laptop. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) bermuatan etnosains pada materi reaksi redoks kelas X. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi), dengan subjek penelitian 9 peserta didik dari kelas X MIPA 3 MAN 1 Cirebon. Karakteristik e-LKPD hasil pengembangan berupa FlipBook digital yang menyajikan langkah kegiatan belajar sesuai dengan sintak pembelajaran PBL dan memuat konten etnosains di lingkungan sehari-hari. Kualitas e-LKPD dinilai oleh validator ahli dan respon peserta didik. Hasil uji validasi e-LKPD oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan kategori sangat valid dengan nilai validitas berturut-turut sebesar 0,96 dan 0,89. Hasil uji tanggapan peserta didik terhadap e-LKPD mendapatkan kategori baik (B) dengan persentase sebesar 80,3%. Dari data validasi ahli dan respon peserta didik, maka e-LKPD berbasis PBL bermuatan etnosains pada materi reaksi redoks yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar, serta perlu diiuji lebih lanjut pada kelas besar untuk mengetahui tingkat keefektifannya dalam pembelajaran.