Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak penyandang tunagrahita ringan di SMPLB-C Negeri Ungaran
Main Author: | Nurunnisa, Luvilla Salsabilla |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13898/1/1703016181_Luvilla%20Salsabilla_Full%20Skripsi%20-%20Luvilla%20Salsabilaa.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13898/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini menjelaskan mengenai proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus (tunagrahita ringan) di SMPLB-C Negeri Ungaran. Pendidikan agama Islam sendiri adalah salah satu subjek mata pelajaran yang harus ditempuh oleh pelajar muslim dalam menyelesaikan pendidikannya pada tingkat pendidikan tertentu. Selain itu dengan pembelajaran pendidikan agama Islam anak penyandang tunagrahita diharapkan mampu menjalankan fungsi kehidupan ini sebagai hamba Allah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1.) Proses pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak penyandang tunagrahita ringan di SMPLB-C Negeri Ungaran, 2.) Menguraikan beberapa faktor yang menjadi pendukung serta penghambat dalam proses pembelajaran di SMPLB-C Negeri Ungaran. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan melakukan studi lapangan melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah Wakil Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri Ungaran dan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB-C Negeri Ungaran. Teknis analisis datanya menggunakan: Reduksi data, Penyajian data, Verifikasi dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dalam proses pembelajarannya menggunakan kurikulum 2013 sesuai dengan aturan pemerintah yang disederhanakan oleh guru mata pelajaran sedemikian rupa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa tunagrahita. Materi yang diajarkan meliputi Al-Qur’an, Fiqh, Aqidah, Akhlaq, dan Sejarah Islam. Metode yang digunakan meliputi metode demonstrasi, karyawisata, look at picture, dan drill. Pendekatan yang dilakukan berupa pendekatan individual. 2.) faktor pendukung yang dapat menunjang pembelajaran banyak yang berasal dari guru mata pelajaran, selain itu adanya pembiasaan membaca doa-doa sehari atau surat-surat pendek yang dilakukan setiap sebelum pelajaran dimulai. Faktor yang dapat menghambat proses pembelajaran berasal dari guru, siswa maupun orangtua.