Analisis pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi stoikiometri berbasis conditional knowledge di MAN 1 Lamongan

Main Author: Sa'adah, Adinda Nur Khofifatus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13880/1/Skripsi_1708076024_AdindaNur_%20KS.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13880/
Daftar Isi:
  • Pemahaman konsep berbasis conditional knowledge merupakan kompetensi yang dimiliki siswa dalam memahami dan melakukan prosedur (perhitungan) secara tepat, efisien dan sesuai dengan situasi yang sedang mereka hadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep dan letak kesulitan siswa pada materi stoikiometri berbasis conditional knowledge. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif secara deskriptif. Partisipan penelitian merupakan siswa kelas XI MIPA 2 MAN 1 Lamongan yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Sumber data penelitian diperoleh melalui instrumen tes pemahaman konsep berbasis conditional knowledge dan wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 71% siswa memiliki pemahaman konsep pada materi stoikiometri berkriteria sangat rendah dan tergolong kedalam low conditional knowledge dan sebanyak 29% siswa dikategorikan memiliki pemahaman konsep sedang dan tergolong kedalam medium conditional knowledge. Adapun kesulitan siswa pada materi stoikiometri terletak pada hampir seluruh konsep yang ada pada materi stoikiometri, yaitu: penerapan hukum dasar kimia, konsep massa atom relatif, konsep mol, konsep pereaksi pembatas, konsep perhitungan konsentrasi, konsep penentuan rumus empiris dan senyawa hidrat, dan beberapa siswa memiliki kesulitan pada konsep penyetaraan reaksi kimia.