Komunikasi persuasif K.H. M. Tauhid al - Mursyid dalam pembentukan akhlakul karimah santri di Pondok Pesantren al-Madani Gunungpati Semarang

Main Author: Erkanto, Adimungkas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13873/1/FULL%20SKRIPSI%2C%201501026104%20-%20Adimungkas%20Erkanto.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13873/
Daftar Isi:
  • Nama Adimungkas Erkanto (1501026104) dengan judul penelitian: Komunikasi Persuasif KH. M Tauhid Al-Mursyid dalam Pembentukan Akhlak Santri di Ponpes Almadani Gunungpati Semarang Komunikasi persuasif yang dilakukan seorang kiai dalam membentuk akhlak santri dalam pondok pesantren semakin mendapat tempat yang krusial, melihat adanya karakter santri yang bermacam-macam dengan latar belakang yang berbeda pula. Dilihat dari latar belakang pendidikan terdapat berbagai macam lulusan yakni ada beberapa santri yang berasal dari sekolah umum seperti SD atau SMP. Ada juga yang berasal dari madrasah seperti MI atau MTS. Sedangkan dari segi latar belakang ekonomi, ada santri yang berasal dari keluarga kurang mampu, keluarga yang mampu maupun kaya raya. selain karakter dan latar belakang santri yang bermacam-macam, pondok pesantren Al-Madani juga memiliki beberapa santri yang (pada masa awal mondok) seringkali berulah tidak baik. Berdasarkan latar belakang diatas, timbul pertanyaan yaitu Bagaimana komunikasi persuasif KH M. Tauhid al - Mursyid dalam pembentukan akhlakul karimah santri di pondok pesantren Al-Madani Gunungpati Semarang ? Apa faktor pendukung dan penghambat komunikasi persuasif KH M. Tauhid al - Mursyid dalam pembentukan akhlakul karimah santri di pondok pesantren Al-Madani Gunungpati Semarang? Adapun tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui komunikasi persuasif Kh. Tauhid dalam membentuk akhlak santri di ponpes almadani. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat komunikasi persuasif Kh. Tauhid dalam membentuk akhlak santri di ponpes almadani. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara, terhadap Kh Tauhid beserta para pengurus Ponpes Almadani. Adapun metode dalam persuasif KH M. Tauhid al - Mursyid dalam pembentukan akhlakul karimah santri di pondok pesantren Al-Madani Gunungpati Semarang dilakukan melalui pendekatan, bimbingan, pengajaran, nasehat, dan perhatian. Begitupun tekhnik Komunikasi persuasif yang digunakan yaitu 1) Assosiasi 2) Integrasi 3) Fear off Arrousing Hasil penelitian menampilkan bentuk komunikasi persuasive yang dilakukan oleh KH. Tauhid dalam membentuk akhlak santri dan berdasarkan data yang ditemukan, bentuk dan tekhnik komunikasi yang digunakan dalam pembentukan Akhlak santri yaitu melalui bentuk komunikasi persuasif yang bersifat dakwah. Komunikasi dakwah yang artinya menyerukan dan mengajak para santri untuk berjalan sesuai syariat agama yang benar. Sehingga aktivitas ini memerlukan bahasa yang dapat membuat orang yang mendengar pesan tersebut menjadi ikut terpengaruh dalam setiap pesan yang beliau sampaikan. Adapun analisis untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat menggunakan analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threats )