Pengembangan lembar kerja praktikum kimia berorientasi model pembelajaran POE (predict, observe, explain) pada materi asam dan basa kelas XI semester genap tahun pelajaran 2019/2020

Main Author: Aniqah, Nava Devita Nur Insani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13866/1/Skripsi_1503076066_Nava_Devita_Nur_Insani_Aniqah_compressed.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13866/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, menguji kelayakan dan efektivitas lembar kerja praktikum (LKP) kimia berorientasi model pembelajaran POE (predict, observe, explain). Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Research and Development (R&D) mengacu pada prosedur pengembangan ADDIE, terdapat 5 tahapan utama Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Rembang dengan subjek penelitian 72 peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa LKP kimia berorientasi model pembelajaran POE layak digunakan dengan persentase 86,66% kriteria Sangat Baik (SB). Didasarkan uji t soal yang dilakukan dua tahapan yakni pretest dan posttest menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen lebik baik dbanding kelas kontrol yakni thitung 4,852 ttabel 1,994. Diperoleh nilai uji gain pada kelas eksperimen 0,34 sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai uji gain 0,019. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKP kimia berorientasi model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik.